Daftar Sekarang! Untuk ikut Training dan Permintaan Sertifikasi.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO

Pada awal dibentuknya ISO adalah untuk memperkenalkan serta membuat standarisasi internasional tentang dan untuk semuanya. Seperti yang kita kenal saat ini standar yang sudah di tetapkan diantaranya adalah standar untuk ukuran kartu telepon, kartu ATM, Ukuran dan ketebalan kertas serta lain sebagainya. ISO di dirikan pada Tanggal 23 Februari tahun 1947, tujuannya adalah untuk menetapkan standar – standar di dunia industri dan komersil dunia.

ISO merupakan standar internasional, berdasarkan info dari wikipedia indonesia pengertian dari ISO ialah Organisasi internasional untuk standarisasi, di dalam bahasa perancis di sebut dengan nama Organisation internationale de normalisation disingkat menjadi ISO, dan di dalam bahasa inggris di sebut dengan nama International Organization for Standardization.  Dikarenakan singkatan dari masing-masing bahasa berbeda (IOS dalam bahasa Inggris dan OIN dalam bahasa Perancis maka para pendirinya menggunakan singkatan ISO, diambil dari bahasa Yunani: isos yang berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.

ISO ialah badan penetap standar internasional, yang mewakili dari dari badan standarisasi nasional yang terdiri dari beberapa negara.

Di dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk bersama dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.



Tugas Dari Seorang Konsultan ISO
Sebagai seorang konsultan ISO tentunya mempunyai tugas dan kemampuan membimbing organisasi dan perusahaan mencapai tujuannya yaitu meraih dan mendapatkan sertifikat ISO dari badan sertifikasi ISO. Tidak sampai disitu saja tetapi ada tugas lain yaitu sebagai konsultan ISO harus bisa memberikan informasi tentang pemahaman serta pengetahuan dan cara menerapkan poin – poin di dalam sistem manajemen ISO, dikarenakan hal ini memang diperlukan agar dapat mencapai dan meraih lingkungan perusahaan dan organisasi sesuai dengan standar internasional.

Seorang konsultan ISO juga mempunyai tugas harus mampu memediasi perbedaan yang terjadi antar departemen atau bagian di perusahaan apabila terjadi perselisihan. Dengan meminimalisir perselisihan tersebut maka di dalam menerapkan sistem manajemen iso dapat berjalan dengan baik dan sempurna.

Walaupun sudah mendapatkan sertifikat ISO dari Badan Sertifikasi ISO, namun masih ada beberapa perusahaan dan organisasi yang tidak berhasil di dalam menerapkan sistem manajemen ISO dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang iso dan pemahaman terkait ISO dari karyawan di perusahaan di dalam menjalankan sistem juga tidak adanya komitmen dari top manajemen di organisasi dan perusahaan.

Maka dari itu sebagai seorang konsultan ISO mempunyai tanggung jawab agar bisa membuat dan mendevelop sebuah sistem manajemen ISO di dalam perusahaan dan organisasi. Seorang Konsultan juga di tuntut harus mampu memberikan sosialiasi, training serta pelatihan tentang penerapan sistem manajemen iso ke kepada seluruh karyawan supaya bisa mengerti dan memahami tujuan dari penerapan sistem manajemen ISO.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO, semoga bermanfaat.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Internasional_untuk_Standardisasi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *